Beberapa Pukulan Dasar Dalam Bermain Biliar

Bagi yang hobi main biliar pasti udah familiar sama berbagai jenis pukulan yang biasa digunakan oleh pemain untuk mengeksekusi bola. Berikut beberapa pukulan dasar yang sering digunakan ketika bermain biliar :

1. Stop Ball

Sebuah pukulan yang tujuannya untuk membuat cueball (bola putih) berhenti tepat ketika mengenai bola sasaran, atau minimal bergerak seminimal mungkin setelah membentur bola sasaran. Situasi Stop ball yang sempurna bisa terjadi apabila bola putih, bola sasaran dan lubang yang dituju berada pada suatu garis lurus.

Pukulan ini dilakukan dengan cara memukul cueball tepat pada titik tengah bola. Pukulan yang relatif mudah untuk dipelajari. Inilah pukulan pertama yang saya bisa ketika dulu belajar main :-D

2. Follow Shot

Sebuah pukulan yang tujuannya untuk membuat cueball bergerak maju setelah mengenai bola sasaran. Pukulan ini dilakukan dengan cara memukul bagian atas bola putih. Pemula biasanya suka dengan pukulan ini, bahkan seringkali melakukannya tanpa sadar ketika bermain karena jenis pukulan ini bisa dipraktekkan oleh siapa saja, bahkan untuk para pemain yang baru pertama kali bermain sekalipun.

3. Draw Shot

Alias “nge-track” kalo orang indonesia bilang :mrgreen: Yaitu pukulan yang tujuannya untuk membuat cueball bergerak mundur setalh membentur bola sasaran. Berlawanan dengan follow shot, jenis pukulan ini dilakukan dengan cara memukul bagian bawah bola putih, secara polos dipukul pada titik jam 6.
Pukulan ini relatif sulit bagi pemula, namun biasanya setelah mencoba dan mempraktekkan tehnik yang benar maka pukulan ini tidaklah begitu sulit. Mungkin biasanya kesulitan akan timbul bila melakukan pukulan draw shot dalam jarak yang sangat jauh.

4. English

English adalah istilah untuk memukul bola dengan menggunakan efek. Pukulan ini memungkinkan bola bergerak tidak sesuai dengan rutenya. Jika menggunakan English maka hukum sudut datang sama dengan sudut pantul bisa saja tidak berlaku lagi, karena dengan english, lajur bola putih dimanipulasi sedemikian rupa oleh player untuk mendapatkan posisi yang baik untuk pukulan selanjutnya.

5. Jumpshot

Tehnik untuk membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cueball dengan bola sasaran. Dilakukan dengan cue (stick) khusus dengan cara menekan bola putih dari atas sehingga bola menekan laken dan mengakibatkan bola bereaksi bergerak keatas.
Pukulan yang biasanya jarang dilakukan kecuali sangat terpaksa atau ada peluang untuk memaksa bola sasaran masuk dengan menggunakan jumpshot.

6. Masse
Membuat bola putih bergerak melengkung. Biasanya digunakan ketika bola sasaran terhalangi oleh bola lain.

Sisanya adalah variasi dari pukulan-pukulan diatas. Sebuah bola jika dipukul pada titik yang sama namun dengan cara pukul yang berbeda maka akan menghasilkan jenis pukulan yang berbeda pula. Sering praktek adalah kuncinya. Tehnik dan feeling akan semakin terasah bila sering melakukan berbagai pukulan diatas. I love this game (lah ko slogan NBA? :mrgreen: )

sumber = http://yudiworld.com/beberapa-pukulan-dasar-dalam-bermain-biliar/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s